Sabtu, 14 Mei 2016

Kasus Kekerasaan Seksual Terus Meningkat

Ilustrasi Kekerasan Seksual
Jakarta – Mungkin kita masih bisa merasakan mirisnya peristiwa pemerkosaan seorang gadis yang dilakukan oleh 14 orang pelaku di Bengkulu. Tentu hal itu adalah salah satu contoh memburuknya perlindungan bagi wanita dan anak-anak di negeri ini. Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad, menjelaskan bahwa perlindungan anak-anak harus dilakukan secara komprehensif serta perlu adanya kesadaran nasional untuk menyelesaikan masalah sosial secara bersama dan tidak hanya melakukan penekanan kepada penegak hukum.
“Undang-undang tidak akan memiliki arti bila praktik sosial yang terjadi tidak sesuai. Masyarakat harus dapat segera membangun kembali pola kehidupan komunitarian dengan kearifan lokal yang saling melindungi dan menciptakan suasana aman,” ujarnya saat diwawancarai, Jumat (13/5/2016).

Pemberian hukuman yang berat bagi pelaku merupakan jalan terakhir setelah negara menjamin pengkondisian yang optimal dalam pencegahan kekerasan, khususnya terhadap anak. Pengkondisian yang optimal meliputi pendidikan hukum yang layak kepada masyarakat dan generasi muda khususnya dalam kerangka sistem sosial yang peka terhadap kekerasan pada anak. (M. Ikhsan)


Redaktur : Niken Faranisya

0 komentar: