Minggu, 01 Mei 2016

Cara Dokter Sandra Menghadapi Beragam Health Education Masyarakat Indonesia


Jakarta - Pakar kesehatan atau dokter adalah pekerjaan yang siaga dalam melayani masyarakat terutama dalam bidang kesehatan. Seorang dokter bertanggungjawab untuk menolong raga pasien, psikis hingga nyawa pasien yang sangat darurat kondisinya.
Dokter Sandra Kentjana, seorang dokter wanita yang sudah 28 tahun berkecimpung di dunia kesehatan dan mengalami banyak Kendala terutama dari pasien yang ditangani. Beragam cara untuk menangani keluhan pasien, Dokter Sandra menanganinya dengan melihat dari karakter dan psikis pasiennya.
Kendala yang biasanya dialami ialah komunikasi antara pasien dengan dokter yang sering terjadi kesalah pahaman, disebabkan karena Health Education yang dimiliki masyarakat Indonesia masih minim. Pengetahuan tentang kesehatan masih sangat rendah, sehingga seorang dokter terutama Dokter Sandra memberikan sedikit ceramah untuk pasien yang konsultasi.
Selain itu, kendala yang dihadapi adalah obat-obatan khususnya di Indonesia harganya masih cukup mahal untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah. Sehingga sering ditemukan oleh Dokter Sandra, pasien yang tidak menebus resep obat yang dianjurkan, sebagai dokter harus memahami range harga dari obat yang akan diberikan.
Dokter Sandra menggambarkan kesehatan masyarakat di Indonesia seperti Gunung Es. Banyak orang yang beranggapan hanya melihat bagian atasnya, yaitu kesehatan masyarakat terlihat tidak bermasalah padahal bagian bawahnya sangat kopong, banyak masalah yang harus ditanggulangi.
Banyaknya kendala yang sering dihadapi oleh Dokter Sandra, membuat beliau memiliki harapan bagi masyarakat Indonesia yang memang Health Education nya masih sangat rendah. Beliau mengharapkan, masyarakat Indonesia bias menjaga kesehatan primer nya dengan baik serta ditunjang dengan fungsi Puskesmas yang seharusnya memiliki peranan untuk masyarakat. (Dinar Mutiara Kinanti)

0 komentar: