Minggu, 01 Mei 2016

Belajar Mengajarkan Orang Lain

     



The Real Agent of Change merupakan semboyan dari komunitas yang diketuai oleh Yulia Ernita bernama. Rumah Belajar Kita (RBK). Komunitas yang perduli terhadap pendidikan di Indonesia ini, pertama kali didirikan pada tanggal 13 Januari 2013. Komunitas ini memberikan pendidikan karakter dengan cara mengajak adik-adik untuk dapat menarik minat dan bakat serta hobby yang dimiliki oleh adik-adik, dan biasanya diadakan di Musholla Nurul Amin yang terletak di Jakarta Selatan tepatnya di Kelurahan Kuningan Barat.
Selain di Musholla Nurul Amin, komunitas ini juga terdapat di 12 titik, yaitu Pasar Minggu, Pisangan. Bulak Rantai, Lenteng Agung, Tanjung Barat, Depok, Beji Depok, Juanda Depok, Pasar Rebo, Jati Waringin, dan satu daerah lagi yang masih dalam tahap on progress. Anak didik di komunitas RBK ini tidak menentu jumlahnya, karena siapa saja boleh bergabung. Sedangkan kakak-kakak pengajar di komunitas ini adalah para remaja yang tergabung juga dalam komunitas Good Life dan terdapat beberapa pengajar yang sebelumnya pernah menjadi anak didik di RBK ini sendiri.
Sebagai contoh, Laura (19) salah satu pengajar yang awalnya menjadi anak didik di RBK. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dia diangkat oleh salah seorang pengajar karena kegigihannya sewaktu masih menjadi anak didik. Dia merasa sangat senang karena denganmenjadi
salah seorang pengajar di RBK dia bisa ikut membantu adik-adik. Dia juga menyarankan agar siapa saja yang mau ikut bergabung di komunitas RBK ini bisa datang langsung ke Musholla Nurul Amin tempat dimana biasanya dia dan kakak pengajar yang lainnya mengajar adik-adik, sebab semuanya akan merasa sangat senang apabila ada anak didik baru di RBK.
Elis (18) merupakan salah satu anak didik di RBK. Sejak duduk di bangku kelas 2 SMK dia mulai bergabung dalam komunitas ini. Dia merasa sangat senang saat pertama kalinya diajak bergabung oleh ketua Ikatan Pecinta Anak Yatim yang bernama Bapak Muhammad Adam. Menurutnya dengan ikut bergabung di RBK ini ia bisa menambah ilmu diluar akademik dan share tentang pelajaran di sekolah dengan teman-teman barunya di RBK. Dia mengakui terdapat perubahan yang terjadi pada dirinya setelah mengikuti kegiatan RBK ini, “Saya menjadi anak yang lebih berakhlak, pintar ngomong di depan dan lebih percaya diri” imbuhnya kepada tim redaksi Gayatri sambil merapihkan jilbab yang sedang ia kenakan.
Komunitas ini diharapkan agar terus ada, sebab kegiatan-kegiatan yang selama ini dijalankan mampu menumbuhkan minat dan hobby serta bakat yang dimiliki oleh anak didik masing-masing. Karena pendidikan tidak hanya pendidikan formal atau akademik saja. Tapi pendidikan disini harus membantu generasi penerus untuk menumbuhkan dan menarik bakat yang ada dalam diri masing-masing. Percayalah, Bangsa ini maju dari generasi yang sadar akan minat dan hobby mereka masing-masing. (Deby Silvia)

0 komentar: