Jumat, 15 April 2016

Kesuburan dan Kelayakan Tanah



Mahasiswa dan mahasiswi Fakultas pertanian Universitas Nasional pada jumat (15/04) melakukan praktik tata cara dan metode penanaman tumbuhan jenis kangkung dan bayam, dalam praktiknya tersebut para mahasiswa mempelajari bagaimana memblok-blok tanah, pemerataan tanah, serta pemberian dosis pupuk yang pas untuk tanaman tersebut.
Praktik yang dilakukan di jalan bambu kuning, pasar minggu itu tidak hanya untuk satu angkatan saja melainkan dari berbagai angkatan karena memang praktik tersebut ada dalam mata kuliah “Kesuburan dan Kelayakan Tanah” yang memang bertujuan agar mahasiswa mengerti dan mengaplikasikannya pada petani ketika mereka nantinya berada ditengah masyarakat pertanian.
“jadi, pada mata kuliah ini setiap blok tanah diberi dosis pupuk yang berbeda, jadi pada setiap perbedaan itu nanti dilihat hasilnya apakah bayam yang ditanam akan bagaimana hasilnya, dan juga kangkung yang ditanam dengan dosis yang sudah diatur akan bagaimana juga hasilnya dan disitulah nantinya mahasiswa dapat memberikan pemahaman pada para petani tentang dosis pupuk tersebut” kata abrar sebagai asisten dosen.
Ia juga menambahkan, pada setiap penanaman tanaman tersebut diperlukan jarak beberapa centi dari tumbuhan satu dengan tumbuhan lainnya supaya ketika tumbuh tidak berantakan seperti rumput. Karena itu juga menentukan kualitas dari tanaman yang ditanam tersebut.
Karena dalam ilmu pertanian tidak selalu tentang hewan saja, ada hal yang membahas tentang tumbuhan mulai dari segi cara bercocok tanam, memilih bibit unggul yang baik, pupuk yang berkualitas serta tanah yang akan menjadi tempat tanaman atau tumbuhan itu tumbuh. Tanah yang subur sangatlah penting bagi segala jenis tanaman, karena akan mempengaruhi kualitas tanaman itu sendiri.







Kelompok : Dinar Mutiara Kinanti, Amelina Saraswati, Havid Al Vizki, Rivai Julyana Marie, Yesika Dinta

0 komentar: